Hutan sebagai penyangga kehidupan manusia, hutan adalah komponen penting agar masa depan anak-anak tetap sehat dan mendapatkan sumber pangan atau obat-obatan dari hutan mereka.

 


Tampak wajah-wajah ceria dari raut muka anak-anak saat diajak bernyanyi dan bermain bersama. Mereka diajak untuk mengenal lebih jauh potensi hutan yang ada di tempat tinggal mereka. Hutan sebagai penyangga kehidupan manusia, hutan adalah komponen penting agar masa depan anak-anak tetap sehat dan mendapatkan sumber pangan atau obat-obatan dari hutan mereka.

Tanpa hutan, kehidupan akan menurun drastis yang menjadi beban mereka di kemudian hari. Ternyata, di Kepulauan Talaud juga terdapat Nuri Talaud (eos histrio talautensis) atau orang-orang biasa menyebutnya Burung Sampiri. Burung ini sangat indah dengan dominasi warna merah dan biru pada bulunya, keberadaannya hanya di tempat mereka. Dengan semangatnya bapak-bapak dari KOMPAK bekerja sama dengan Yayasan IDEP menjelaskan kepada anak-anak. Potensi ini adalah beban mereka untuk tetap dilestarikan di masa mendatang, sambil menonton film dan gambar-gambar yang ada di wilayahnya mereka belajar memahami potensi wilayahnya.

DSC_0103-2
DSC_0103-2
DSC_0109-2
DSC_0109-2
DSC_0094-2
DSC_0094-2

Tak ketinggalan juga anak-anak mendapatkan stiker yang dapat mereka bawa pulang, agar pembelajaran yang mereka dapatkan tetap diingat hingga waktu yang lama. Sosialisasi ini dilakukan di SDK Linsaraen Rae - Desa Rae Selatan yang dihadiri 55 orang siswa, kemudian dilakukan juga di SDK Striptura – Desa Bengel yang dihadiri 20 orang siswa, SDN Inpres 5/81 Tarun di Ambela dihadiri oleh 23 orang anak.


 

Add comment


Security code
Refresh